PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Pembelajaran Berdifernsiasi adalah Pembelajaran berbasis kebutuhan Belajar Murid
Seorang Guru bertindak mengokomodasi kebutuhan belajar muridnya
Sebagai seorang guru sebelum menyusun RPP berdifernisasi haruslah memetakan kebutuhan belajar muridnya.
Adapun Aspek yang harus dipetakan dapat dipilih melalui 3 Aspek :
1. Aspek Kesiapan Belajar Murid
2. Aspek Minat Belajar Murid
3. Aspek Profil Belajar Murid
Apa saja strategi Diferensiasi :
-
Deferensiasi Konten
-
Deferensiasi Proses
-
Deferensiasi Produk
a.
Deferensiasi Konten : Apa yang kita ajarkan pada
murid . Konten dapat dibedakan : kesiapan, minat, profil belajar murid, atau
kombinasi.
Tomelinsen telah menemukan alat Equalizer
yang dapat membantu kesiapan murid , Maka kita perlumenentukan jenis informasi
yang diberikan .siapa yang harus diberikan bahan – bahan belajar berupa
foundational ( dasar ) dan siapa yang harus diberikan transformational (
mengembangkan ide, tantangan atau pertanyaan pemandu memperluas ide ).
Perlu dilihat juga kesiapan murid secara
abstrak atau secara konkret . Misalnya pada murid kels 1 Sd masih harus konkrit
contoh stik es, yang sudah abstrak dapat diberikan gambar.
Defernsiasi Konten juga dapat diberikan
berdasarkan Minat murid misalnya , saat belajar teks narasi guru dapat
memberikan teks sesuai dengan topic yang disukai murid.
Diferensiasi konten juga dapat diberikan
berdasalkan profil Murid, misalnya Bagaiman cara murid mengakses sesuai gaya
belajarnya. Baik itu secra audio atau visual.
b.
Deferensiasi Proses
Proses bagaimana murid memahami informasi atau materi yang dipelajari.
Bagaimana cara nya dan Proses bagaimana murid belajar mandiri atau kelompok,
jumlah bantuan yang diberikan, siapa yang harus diberikan bantuan pada
sekeneraio pembelajran hal ini harus di rancang.
Cara Melakukan Deferensiasi Proses :1. dilakukan berjenjang yaitu sesuai dengan
dukungan, tantangan , kompleksitas , atau pertanyaan pemandu disudut minat.
Misalnya : Membuat karangan, Yang suka Olahraga boleh duduk di sudut olah raga
dimana mereka akan diberikan pertanyaan pemandu berkaitan dengan olah raga.
membuat agenda individual untuk murid , misalnya daftar pekerjaan umum dan daftar agenda individual murid,
c.
Difersensiasi Produk
Tagihan apa yang diharapkan murid, produk yang berbentuk wujudnya, mis ;
tulisan, persentasi, diagram, tarian dan sebagainya, yang mencerminkan pemahan
murid dan tujuan pembelajran yang diharapkan.
Perlu mempertimbangkan kebutuhan belajar murid untuk menentukan produk yang dihasilkan. Dengan mempertimbangkan waktu, Memberikan Tantangan,Memberikan murid pilihan mengekspresikan, Kualitas apa yang diinginkan.
Keterkaitan dengan Modul Sebelumnya, Modul 1.1 Sesuai dengan pemikiran KHD guru ibarat petani yang merawat tanaman sesuai dengan kebutuhannya agar tumbuh dengan subur.
Sesuai dengan Modul 1.2 dan 1.3.Peran dan Visi Guru Penggerak Sebagai Agen Transformasi , menjadi pemimpin pembelajaran dengan Membuat Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid sesuai dengan Manajemen BAGJA menggali kekuatan yang dimiliki siswa untuk meraih mimpi yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan melibatkan Guru, Kepala Seklah, Orang tua,dan Pemangku Kepentingan Lainnya..Serta menerapkan Budaya Positiif sesuai dengan modul 1.4. agar Terwujud Pelajar Merdeka yang Bahagia.
Berikut adalah ringkasan Koneksi Antar Materi dalam slide video :
Link Video Koneksi Antar Materi Modul 2.1
0 komentar:
Posting Komentar