Sabtu, 03 April 2021

KONEKSI ANTAR METERI MODUL 2.1

 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI





Pembelajaran Berdifernsiasi adalah Pembelajaran berbasis kebutuhan Belajar Murid

Seorang Guru bertindak mengokomodasi kebutuhan belajar muridnya

Sebagai seorang guru sebelum menyusun RPP berdifernisasi haruslah memetakan kebutuhan  belajar muridnya.

Adapun Aspek yang harus dipetakan dapat dipilih melalui 3 Aspek :

1. Aspek Kesiapan Belajar Murid

2. Aspek Minat Belajar Murid

3. Aspek Profil Belajar Murid 

Apa saja strategi Diferensiasi :

-          Deferensiasi Konten

-          Deferensiasi Proses

-           Deferensiasi Produk

 

a.       Deferensiasi Konten : Apa yang kita ajarkan pada murid . Konten dapat dibedakan : kesiapan, minat, profil belajar murid, atau kombinasi.

Tomelinsen telah menemukan alat Equalizer yang dapat membantu kesiapan murid , Maka kita perlumenentukan jenis  informasi  yang diberikan .siapa yang harus diberikan bahan – bahan belajar berupa foundational ( dasar ) dan siapa yang harus diberikan transformational ( mengembangkan ide, tantangan atau pertanyaan pemandu memperluas ide ).

Perlu dilihat juga kesiapan murid secara abstrak atau secara konkret . Misalnya pada murid kels 1 Sd masih harus konkrit contoh stik es, yang sudah abstrak dapat diberikan gambar.

Defernsiasi Konten juga dapat diberikan berdasarkan Minat murid misalnya , saat belajar teks narasi guru dapat memberikan teks sesuai dengan topic yang disukai murid.

Diferensiasi konten juga dapat diberikan berdasalkan profil Murid, misalnya Bagaiman cara murid mengakses sesuai gaya belajarnya. Baik itu secra audio atau visual.

b.      Deferensiasi Proses

Proses bagaimana murid memahami informasi atau materi yang dipelajari. Bagaimana cara nya dan Proses bagaimana murid belajar mandiri atau kelompok, jumlah bantuan yang diberikan, siapa yang harus diberikan bantuan pada sekeneraio pembelajran hal ini harus di rancang.

Cara Melakukan Deferensiasi Proses :1. dilakukan berjenjang yaitu sesuai dengan dukungan, tantangan , kompleksitas , atau pertanyaan pemandu disudut minat. Misalnya : Membuat karangan, Yang suka Olahraga boleh duduk di sudut olah raga dimana mereka akan diberikan pertanyaan pemandu berkaitan dengan olah raga. membuat agenda individual untuk murid , misalnya daftar pekerjaan  umum dan daftar agenda individual murid,

c.       Difersensiasi Produk

Tagihan apa yang diharapkan murid, produk yang berbentuk wujudnya, mis ; tulisan, persentasi, diagram, tarian dan sebagainya, yang mencerminkan pemahan murid dan tujuan pembelajran yang diharapkan.

Perlu mempertimbangkan kebutuhan belajar murid untuk menentukan produk yang dihasilkan. Dengan mempertimbangkan waktu,   Memberikan Tantangan,Memberikan murid pilihan mengekspresikan,  Kualitas apa yang diinginkan.

Keterkaitan dengan Modul Sebelumnya, Modul 1.1 Sesuai dengan pemikiran KHD guru ibarat petani yang merawat tanaman sesuai dengan kebutuhannya agar tumbuh dengan subur.

Sesuai dengan Modul 1.2  dan 1.3.Peran dan Visi Guru Penggerak Sebagai Agen Transformasi , menjadi pemimpin pembelajaran dengan Membuat Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid sesuai dengan Manajemen BAGJA menggali kekuatan yang dimiliki siswa untuk meraih mimpi yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan melibatkan Guru, Kepala Seklah, Orang tua,dan Pemangku Kepentingan Lainnya..Serta menerapkan Budaya Positiif sesuai dengan modul 1.4. agar Terwujud Pelajar Merdeka yang Bahagia.

Berikut adalah ringkasan Koneksi Antar Materi dalam slide video :

Link Video Koneksi Antar Materi Modul 2.1

Terima Kasih , Semoga Bermanfaat

Salam Bahagia
Salam Guru Penggerak

0 komentar:

Posting Komentar