Saya INTAN LESTARI,S.Pd mengajar di SDN 8 Muara Batu - Aceh Utara, selama ini sebelum saya mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak saya mengajar dengan menggunakan Perangkat KBM yang saya susun dan siswa mengikuti cara mengajar saya , yang telah saya susun dalam RPP saya. Saya mnyusun RPP tanpa memikirkan kebutuhan , minat, dan gaya belajar murid saya.
Tetapi setelah saya mengikuti Pendidikan Program Guru Penggerak ini saya baru mengenal apa itu Pembelajaran Berdeferensiasi. Ternyata Pembelajaran Berdeferensiasi ini adalah suatu cara mengajar dimana guru bertindak sebagai akomodir, yang memberikan akomodasi segala kebutuhan belajar siswa.
Untuk menyusun RPP Berdeferensiasi ini pun tetap mengacu pada kurikulum Nasional, Guru hanya menambahkan Diferensiasi atau kebutuhan yang siswa butuhkan saat PBM berlangsung. Tentunya sebelum menyusun RPP guru harus sudah memetakan Kebutuhan Belajar siswanya.
Baik itu kebutuhan kesiapan belajar, minat, konten dan profi belajar murid.
Berikut ini contoh RPP berdeferensiasi yang telah saya rancang sesuai dengan kasus yang saya hadapi.
0 komentar:
Posting Komentar