Kamis, 21 Januari 2021

AKSI NYATA MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK PGP - 1 – ACEH UTARA – INTAN LESTARI

 

AKSI NYATA MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

PGP - 1 – ACEH UTARA – INTAN LESTARI

 

 

Latar Belakang  :

Pada Aksi Nyata modul 1.3 yaitu Penerapan Inquiri Apresiatif dengan manajemen BAGJA.

Manajemen BAGJA dapat dilakuakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat juga dilakukan untuk menggali kekuatan sekolah, demi mewujudkan Visi Guru Penggerak. Visi Guru Penggerak yaitu terwujudnya pelajar MERDEKA. Tentunya dalam merumuskan manajemen BAGJA perlu melibatkan peran pemangku kepentingan seperti Pengawas Sekolah. 

Oleh Karena itu pada Aksi Nyata saya di modul ini saya melibatkan pengawas sekolah agar rekan sesama guru lebih mendukung segala kegiatan yang akan dirancang dengan menerapkan managemen BAGJA serta kesepakatan akan terwujudnya VISI GURU PENGGERAK

Pada Kegiatan ini juga kami menyusun kegiatan Upacara Yang Diimpkan ( Menyenangkan ). Biasa Kegiatan Upacara bukanlah kegiatan yang dinanti oleh siswa . Karena Siswa merasa bosan atau kelelahan bahkan tidak semangat. Oleh Karena itu saya mencoba memasukkan Lagu Mars Sekolah pada susunan kegiatan upacara , yang telah disepakati oleh kepsek , rekan guru dan pengawas sekolah. Agar suasa upacra lebih semangat.


Deskripsi Aksi Nyata

Saya telah melakukan Sosialisasi dengan melibatkan Pemangku kepentingan yaitu pengawas sekolah. Pada kegiatan sosialisasi sekaligus mengupas Peran Guru Penggerak yaitu sebagai agen transpormasi.

Tentunya agen transformasi yang utama adalah dalam hal pembelajaran. Dimana pembelajaran yang berpihak pada siswa. Selanjutnya menciptakan hal – hal positif baik itu didalam kelas maupun di lingkungan sekolah dengan melibatkan warga sekolah dan peran Pemangku Kepentingan lainnya.

Dengan menjadi agen transformasi dan menerapkan pelajar MERDEKA maka lahirlah PELAJAR PANCASILA yang diharapkan di sekolah.

Salah satu manajemen BAGJA yang dapat dilakukan adalah membuat upacara yang menyenangkan ( diimpikan ) dengan menambahkan lagu Mars Sekolah kedalam susunan acara Upacara Bendera.Saya sudah membentuk tim paduan suara menyanyikan lagu Mars SDN 8 Muara Batu, mengingat Mars sekolah ini sudah sangat jarang dinyanyikan dan takut generasi siswa yang baru tidak mengenal mars SDN 8 Muara Batu.  Mars SDN 8 Muara Batu ini masuk dalam susunan acara Upacara setelah menyanyikan lagu wajib Nasional. Selain itu dengan menyanyikan Mars SDN 8 Muara Batu dapat menumbuhkan rasa cinta akan sekolah, serta membuat suasana upacara lebih semangat.

Untuk kegiatan Pembelajaran saya masih memakai kegiatan belajar menyenangkan,baik di dalam ruangan maupun didalam ruangan dengan permainan. Pembelajran menyenangkan agar murid merasa BAHAGIA dan MERDEKA. terutama pada pembelajaran Matematika yang masih jarang sekali disukai murid. Oleh karena itu saya membuat pembelajran ini lebih menarik

U

-        Kegiatan Pembelajaran saya masih sering melakukan pembelajaran diluar kelas untuk pelajaran Matematika karena menurut saya pelajaran Matematika membutuhkan suasana yang rileks.

Belajar luar ruangan
Tonton juga :

 Selain itu saya juga melakukan kegitan pembelajaran menggunakan infokus agar siswa tertarik dengan video – video pembelajaran.






Kegiatan Pembelajaran Menggunakan Media Infokus agar menarik minat siswa belajar

-       Mars SDN 8 Muara Batu yang telah diupdate kembali dengan membuat tim paduan suara.


Tonton Juga :

-       Selain itu untuk menggali kekuatan yang ada disekolah dengan tahapan BAGJA , saya di dukung oleh kepala sekolah telah membuat kegiatan Sosialisasi GURU PENGGERAK dengan melibatkan PENGAWAS SEKOLAH yang juga memiliki jabatan sekaligus sebagai PENGAWAS KABUPATEN dan ASSESOR.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini rekan sesama guru dapat bekerja sama membentuk satu kekuatan untuk mewujudkan VISI SEKOLAH yaitu mewujudkan PELAJAR PANCASILA.



Peran Pengawas dalam menggali kekuatan sekolah tahapan BAGJA


Peran Kepolisian Penertiban Penggunaan Masker



Lihat juga :

Hasil yang dicapai : 
- Sebagian besar murid menguasai materi yang diberikan dengan belajar menyenangkan dan menarik.
- Untuk Tim Paduan Suara yang saya bentuk , hasil yang dicapai murid sudah mengenal lagu MARS SDN 8 Muara Batu yang selama ini belum pernah di dengar.


Kendala yang dihadapi : 
- Untuk Kegiatan Pembelajaran masih ada murid yang belum dapat mengambil pelajaran dari cara belajar menyenangkan dan MERDEKA. Murid tersebut masih sekedar menikmati permainannya saja bukan tujuan pembelajarannya.
- Untuk Upacara yang diimpikan belum bisa terlaksana berhubung masih suasana pandemi.

Tindak Lanjut :
- Untuk murid yang masih belum dapat mengambil pelajaran dengan belajar Menyenangkan , saya harus lebih memberikan perhatian dan lebih fokus mendampingi agar murid dapat mencapai tujuan pembelajaran.
- Untuk Kegiatan Upacara yang Menyenangkan Setelah keadaan normal dapat dilaksanakan, dan Tim Paduan Suara harus terus berlanjut dengan petugas yang berbeda agar seluruh siswa menguasai lagu Mars SDN 8 Muara Batu .

Demikian Aksi Nyata yang telah saya lakukan semoga kegiatan Inquiri Apresiatif yang saya aplikasikan dengan Sosialisasi dan semua kegiatan lain di sekolah saya dapat membawa sekolah kearah yang lebih baik lagi dan bermanfaat.

5 komentar: